Target Juara Tingkat Nasional, SMPN 1 Kota Tasik Borong 13 Medali
03 April 2021
SEMANGAT. Siswa SMPN 1 Kota Tasikmalaya meraih penghargaan 13 medali pada Omnas tingkat Provinsi Jawa Barat. Mereka berfoto bersama orang tua dan guru pembimbing Omnas di halaman SMPN 1 Kota Tasikmalaya, Kamis (2/4/2021).(Fatkhur Rizqi/radartasik.com
TASIK - Sebanyak 13 medali Olimpiade Nasional (Omnas) tingkat Provinsi Jawa Barat dari Emeral Education Centre diborong oleh sepuluh siswa SMPN 1 Kota Tasikmalaya, 26-28 Maret 2021 secara daring.

Kepala SMPN 1 Kota Tasikmalaya H Cecep Susilawan SPd MM mengatakan, sekolah selalu mempunyai pandangan yang optimis, setiap siswa mampu mengikuti peluang kompetisi akademik dan non akademik di masa pandemi Covid-19. Tujuannya untuk meraih prestasi dan pengalaman hidup.

“Bersyukur dengan kerja sama semuanya, siswa kita terus meraih prestasi belajar. Terbaru dapat meraih prestasi Omnas tingkat Provinsi Jawa Barat dengan mendapatkan 13 medali sekaligus untuk bidang matematika, sains dan bahasa Inggris,” katanya kepada Radar, Kamis (2/4/2021).

Dukungan pihak sekolah diwujudkan dengan memberikan informasi perlombaan yang bersifat akademik ataupun non akademik kepada guru dilanjutkan ke siswa, ataupun sebaliknya. Dengan melakukan komunikasi tersebut, pembelajaran jarak jauh dan pandemi Covid-19 bukan menjadi kendala untuk siswa berprestasi.

“Walau di masa pandemi kita tetap memunculkan talenta yang baru agar memiliki semangat berprestasi. Sebab peluang dan kesempatan selalu ada,” ujarnya.

Sekolah pun memberikan gairah kepada siswa dengan memfasilitasi bimbingan belajar khusus. Tujuannya supaya siswa terbiasa melakukan kompetisi.

“Sepuluh siswa tersebut diberikan pembekalan dari guru pembimbing agar terbiasa mengerjakan soal olimpiade,” katanya.

Perjuangan mereka pun berbuah penghargaan. Ia berharap, siswa tak hanya puas dengan prestasi tingkat provinsi, tapi harus masuk nasional. Terlebih pada Agustus 2021 digelar Omnas tingkat nasional.

Untuk meraih juara nasional, Cecep meminta guru terus memantau perkembangan siswa dalam menguasai materi dan pengerjaan soal yang efektif. “Sekolah berusaha untuk meningkatkan semangat siswa lebih baik lagi, terlebih akan menghadapi kompetisi tingkat nasional dengan target bisa mendapatkan medali emas,” ujarnya.

Pembimbing matematika Titik Suyati MPd menjelaskan, karena mempunyai target mendapatkan medali emas pada Omnas tingkat nasional 2021, maka sepuluh siswa diberikan model pembelajaran kemampuan memecahkan masalah dengan mengerjakan soal tipe Higher Order Thinking Skills (HOTS). Hal itu diamini juga oleh Pembimbing Sains Hj Dewi Alita MPd dan Pembimbing Bahasa Inggris Peti Siti Fatimah SPd.

“Kemampuan memecahkan masalah merupakan kemampuan yang penting untuk dikembangkan dan harus dimiliki oleh siswa. Dengan mengerjakan soal-soal HOTS bisa mencapai level-level pada kemampuan dari level yang terendah sampai level tertinggi,” katanya.

Melalui penerapan pendekatan tersebut, bisa mendukung kemampuan literasi siswa. Terlebih selain mengikuti Omnas tingkat nasional juga untuk persiapan Al Muttaqin Student Challenge (ASC) dan Kompetisi Sains Nasional yang dilaksanakan pada Mei mendatang.

“Kita memberikan kesempatan mereka untuk semakin mengasah ilmu dan mahir menyelesaikan masalah. Dengan bekal diharapkan bisa meraih prestasi lebih banyak lagi,” ujarnya.

Dia pun, menyebutkan 10 siswa berhasil mendapat medali perunggu hingga emas pada Omnas tingkat Provinsi Jawa Barat, yakni di bidang Matematika; Nashira Adita Fadhila meraih medali emas, Bagas Satyatma W meraih medali perak, Najwa Aulia Khairunisa N meraih medali perak, Bunga Amelia Safti meraih medali perak, dan Nesa Agnia Salsabila meraih medali perak.

Lalu untuk bidang sains, Bunga Amelia mendapatkan medali perak, Mukhlas Azman Shidiq meraih medali perak, Meitania Fatya Az-Zahra meraih medali perak, Natasya Setiabudi meraih medali perunggu.

“Untuk bidang Bahasa Inggris Meitania Fatya Az-Zahra meraih medali perak, Najwa Aulia Khairunisa N meraih medali perak, Nashira Adita Fadhila meraih medali perak, Puanchantiq Mahadewi Eres meraih medali perak, dan Athian Asyam Andatu meraih medali perunggu,” katanya.

Perwakilan siswa berprestasi Nashira Adita Fadhila yang mendapatkan medali emas bidang matematika mengupayakan untuk mendapatkan hasil terbaik dalam setiap kompetisi Omnas tingkat nasional bulan depan. Usahanya pun terus melakukan pelatihan soal-soal olimpiade yang diberikan guru atau bahan pembelajaran daring lainnya.

“Kita terus berlatih mengerjakan soal, membaca buku dan lainnya. Agar bisa memiliki kemampuan mengerjakan soal-soal olimpiade sains tingkat nasional,” ujarnya. (riz)




Komentar