Soal Surat Permintaan Sumbangan, Begini Penjelasannya Ketua DPRD Kota Cirebon
08 April 2021
Ketua DPRD Kota Cirebon, Hj Affiati yang didampingi Kuasa Hukum Gideon Manurung SH, saat memberikan klarifiksi, Rabu (07/04/21) malam. (foto: Radar Cirebon)
CIREBON - Ketua DPRD Kota Cirebon, Hj Affiati SPd menyampaikan klarifikasi terkait beredarnya surat permintaan sumbangan pemasangan spanduk kepada perusahaan dan instansi lainnya.

Dalam konferensi pers, Affiati yang diwakili Kuasa Hukumnya Gideon Manurung SH menyampaikan kronologi bagaimana bisa sampai muncul surat tersebut.

Awalnya, ada surat pada 3 Maret 2021 dari Media Promo Production terkait permintaan dukungan antisipasi mudik lebaran dan penyebaran covid-19. Dalam bentuk spanduk, umbul-umbul dan banner.

Surat itu masuk melalui Sekretariat DPRD yang ditujukan kepada Ketua DPRD. Yang kemudian direspons, karena bentuk kegiatannya mendukung dan sejalan dengan program pemerintah pusat untuk menekan lonjakan kasus covid-19, karena momen mudik Idul Fitri.

Namun kemudian surat yang beredar dengan kop DPRD dan ditandatangani Ketua DPRD Kota Cirebon. Dan kesalahan ini sudah diakui pihak Media Promo Production.

"Seharusnya surat itu dari Media Promo Production sebagai pelaksana. Kemudian persetujuan ketua DPRD bentuk dan sifatnya hanya dukungan. Sebab, selaras dengan imbauan pemerintah pusat melarang mudik dan Idul Fitri,” kata Gideon memberikan penjelasan, Rabu malam (07/04/21).



Namun karena sudah beredar kurang lebih 60 surat, kata dia, dilakukan tindakan untuk menarik surat dan meminta maaf karena tidak seharusnya surat itu berkop DPRD.

Dia menegaskan, tidak ada sepeserpun uang yang masuk atas beredarnya surat itu ke rekening seperti yang tertera.

Dalam kesempatan yang sama, H Cecep dari Media Promo Production mengungkapkan, pihaknya menggunakan kop DPRD karena ada kesalahan teknis. Seharusnya memang tidak memakai kop instansi.

Adapun surat yang beredar akan ditarik kembali dan dilakukan revisi. 

“Kami sangat menyesal sekali, dengan adanya info-info yang menjadi negatif bagi DPRD Kota Cirebon imbas dari persoalan ini,” katanya.

Dia juga menyampaikan permohonan maaf ke Ketua DPRD karena polemik surat ini. Padahal sebenarnya kegiatan ini positif. Sebab, selaras dengan kebijakan pemerintah pusat.

“Jadi asumsi di masyarakat sebenarnya DPRD tidak meminta sumbangan. Tetapi dari kami,” tuturnya.

Dia menegaskan, DPRD tidak memungut sumbangan sama sekali. Yang ada adalah rencana kegiatan dari Media Promo Production. (radarcirebon)

Komentar