Selektif saat Belanja Harbolnas, 5 Kesalahan Sering Terjadi yang Bikin Kecewa
24 November 2021
BAGIKAN :        
Ilustrasi Online shopping
radartasik.com, JAKARTA - Setiap akhir tahun, pasti para pecinta belanja menantikan tanggal cantik, yaitu 11.11 atau 12.12, yang diwarnai oleh banyak promo dari toko online, toko offline, e-commerce, hingga aplikasi kredit online juga turut memeriahkan Harbolnas, dengan memberikan promo-promo menarik yang sayang untuk dilewati.

Nah, jika pada 11.11 kemarin Anda membeli banyak barang yang membuat Anda kecewa, karena khilaf membeli barang-barang diskonan, tanpa tahu kapasitas keuangan masing-masing, atau memiliki prinsip lebih baik menyesal beli, daripada menyesal tidak membeli, lebih baik jangan diulangi lagi, ya.

Sebab, tidak hanya itu, ada juga beberapa kesalahan saat belanja Harbolnas yang bikin kecewa diri sendiri. Biar belanja Harbolnas Anda produktif dan menyenangkan, lebih baik ketahui 5 kesalahan saat

1. Barang Tidak Sesuai Ukuran

Hal ini sering terjadi jika Anda tidak memperhatikan deskripsi produk dan panduan ukuran yang sudah tertera pada halaman produk. Apalagi jika Anda sudah tergiur dengan promo yang ditawarkan, dan langsung check out dengan ukuran yang biasa Anda beli. Bisa jadi, ukuran pada setiap toko berbeda-beda. Lebih baik lihat deskripsi produk atau panduan ukuran dulu, ya!

Ada juga kasus, ketika barang incaran Anda, sneakers misalnya, tinggal tersisa satu size, dan size yang tersedia bukan ukuran Anda. Lebih baik lupakan, dan jangan berpikiran kalau besok-besok ketika dipakai akan menyesuaikan kaki Anda. Jika Anda tetap beli, bisa jadi nanti kaki Anda akan lecet karena memakai sepatu yang tidak sesuai ukuran, dan hasilnya sepatu tersebut hanya dipakai sekali, dua kali saja.

2. Barang Sebentar Lagi Kadaluarsa

Jika ada diskon groceries, jangan sungkan untuk menanyakan tanggal kadaluarsa pada penjual di toko pilihan Anda. Sebab, tidak jarang para seller menurunkan harga besar-besaran pada makanan, minuman atau kebutuhan pokok sehari-hari lainnya, karena tanggal kadaluarsa sudah dekat.

Oleh karena itu, untuk urusan perut yang berhubungan dengan kesehatan badan, lebih baik berhati-hati membeli kebutuhan pokok pada saat promo. Daripada membeli barang yang sudah kadaluarsa dengan murah, namun Anda harus membeli obat dan membayar dokter, karena makanan kadaluarsa bisa menimbulkan penyakit, lebih baik tanyakan tanggal kadaluarsa terlebih dahulu, atau beli tanpa diskon agar lebih aman.

3. Barang Memiliki Rusak atau Cacat

Tidak jarang juga, para seller menawarkan diskon besar-besaran, tetapi para seller tersebut tidak mengontrol kualitas barang yang dijual, sehingga ada beberapa barang yang cacat yang terkirim ke pelanggan. Anda bisa jadi salah satu pelanggan yang bisa mendapatkan barang rusak atau cacat tersebut.

Jangan patah arang dengan berpikir,”yaudahlah barang rusak, diskonnya besar ini.” Sebagai pelanggan Anda berhak mendapatkan layanan terbaik dari penjual. Oleh karena itu, ketika ingin membuka barang, cobalah untuk memvideokan prosesnya. Jadi, jika barang cacat atau ada rusak, Anda bisa mengklaim untuk penukaran atau pengembalian uang.

4. Barang yang Dibeli Ternyata Tidak Dibutuhkan

Nah, ini sering terjadi bagi Anda yang kalap membeli barang murah yang diskon besar-besaran di e-commerce. Sebagai contoh, ada tas branded yang selama ini Anda inginkan, Anda sangat bersemangat dan merasa untung, karena Anda mendapatkan tas tersebut dengan harga miring. Namun, ketika barang sudah sampai, Anda baru sadar bahwa Anda masih punya banyak tas lain, tetapi sepatu Anda sudah rusak dan harus diganti.

Oleh karena itu, untuk menghindari hal ini, lebih baik buat list prioritas barang-barang apa saja yang akan Anda beli pada Harbolnas nanti. Jika Anda sudah memiliki daftar barang yang ingin diburu selama Harbolnas, Anda tidak berlebihan belanja barang. Dahulukan kebutuhan penting, seperti perlengkapan kesehatan di tengah pandemi, perlengkapan dapur agar bisa masak sendiri, jadi lebih hemat, dan kebutuhan lainnya.

5. Tidak Menggabungkan Beberapa Promo Sekaligus

Tahukah Anda, kalau Anda bisa menggabungkan beberapa promo sekaligus, sehingga barang yang Anda beli bisa lebih hemat, dan cuan lagi. Salah satu promo yang bisa digabungkan adalah promo dari aplikasi kredit online Kredivo. Pada Harbolnas 12.12 nanti, Kredivo memberikan promo cicilan 0% untuk cicilan 6 bulan, dan potongan langsung Rp500 ribu untuk cicilan 12 bulan.

Kredivo sudah bekerja sama dengan ribuan merchant online, maupun offline, seperti Tokopedia, Lazada, Bukalapak, JD.ID, Blibli, Erafone, Digimaps, hingga iBox. Jadi, Anda tidak perlu khawatir merchant langganan Anda tidak bekerja sama dengan Kredivo.

Nguntungin banget kan, pakai Kredivo pas Harbolnas nanti? Jangan sampai kecewa, karena lupa menggabungkan promo yang ada di e-commerce dengan promo yang ditawarkan oleh Kredivo. Yuk, langsung aja download aplikasinya di Apps Store atau Play Store di smartphone Anda, dan dapatkan limit hingga Rp30 juta dengan pendaftaran yang cepat, hanya dalam genggaman tangan. (mrh/jpc)
BAGIKAN :        

Komentar