Puluhan Ribu Bidan Bakal Dilibatkan untuk Percepatan Vaksinasi Covid-19 di Jabar
31 July 2021
BAGIKAN :        
Ilustrasi tenaga bidan mandiri melakukan suntik vaksin Covid-19.
Radartasik.com, BANDUNG – Sebanyak 12.548 bidan mandiri yang tersebar dipelosok Provinsi Jawa Barat (Jabar) akan dilibatkan untuk membantu mempercepat vaksinasi Covid-19, khususnya bagi ibu yang tengah mengandung, menyusui dan kelompok usia anak 12-19 tahun.

Atas rencana pelibatan bidan tersebut, Ikatan Bidan Indonesia (IBI) Jawa Barat menyatakan kesiapannya. Bahkan saat ini puluhan ribu bidan tengah mengikuti pelatihan secara bertahap untuk merealisasikan hal tersebut.




“Karena nantinya bidan bidan mandiri ini akan terjun langsung kelapangan memberikan pelayanan vaksin di tempat praktik mereka, untuk ibu hamil, ibu menyusui dan anak,” ujar Ketua IBI Jabar, Eva Riantini, Jumat (30/07/2021).


Eva mengatakan, para bidan yang bersinggungan langsung dengan keluarga harus senantiasa mendorong keluarga agar tidak takut divaksin. Sebat hingga kini masih banyak masyarakat yang takut divaksin akibat ketidaktahuan mereka.


Lanjut, ujar Eva, Surat Edaran Menkes No. HK.01.07/Menkes/4845/2021 tentang pendayagunaan bidan dalam pelaksanaan vaksinasi Covid-19 sehingga para bidan diharapkan mampu mendorong keluarga supaya tidak takut di vaksin.


“Sehingga dengan dilibatkan langsung bidan-bidan, bisa membuka pengetahuan masyarakat akan pentingnya dan manfaatnya dari vaksin itu sendiri,” paparnya.


Dia pun mengajak para keluarga di Jabar untuk tidak takut disuntik vaksin. Menurutnya vaksinai merupakan salah satu langkah untuk memutus penyebaran virus Covid-19.


“Vaksinasi merupakan usaha pemerintah dalam menjaga masyarakat agar terhindar dari ancaman Covid yang masih menghantui kita,” pungkasnya. (jabeks/boy)



BAGIKAN :        

Komentar