PSI: Perpres Pendanaan Pesantren Kado Hari Santri Nasional
15 September 2021
BAGIKAN :        
Presiden Jokowi saat meninjau kegiatan vaksinasi bagi para santri di Pondok Pesantren KH Syamsuddin, Kabupaten Ponorogo, (7/9). (LAILY RACHEV/SETPRES)
radartasik.com - Hari santri nasional bakal diperingati pada 22 Oktober mendatang. Peringatan pada tahun ini mendapat kado terindah. Yakni, terbitnya Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 82/2021 tentang Pendanaan Penyelenggaraan Pesantren.

“Ditekennya perpres itu merupakan kado terindah untuk Hari Santri Nasional bulan depan. Terima kasih, Pak Jokowi. Ini membuktikan pemerintah sepenuh hati mendukung keberadaan pesantren,” ujar Jubir DPP Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Nanang Priyo Utomo, Selasa (14/9).



Nanang menyebut bahwa PSI siap berperan aktif mengawal aturan hukum tersebut. Apalagi semenjak pandemi Covid-19, banyak pesantren yang terdampak. Pesantren terbebani biaya operasional.

Nanang menuturkan alasan PSI mengawal Perpres nomor 82/2021, yaitu pesantren adalah salah satu modal kultural di Tanah Air sejak ratusan tahun lalu. Peran pesantren terhadap kehidupan sosial, budaya, dan ekonomi tidak bisa diabaikan. Pesantren telah menghasilkan banyak pemimpin formal dan informal di Indonesia.

“Keberadaan pesantren sebagai tempat pendidikan yang dekat dan mudah diakses rakyat. Pesantren membutuhkan dukungan di masa sulit ini, terutama terkait dana operasional,” lanjut kader Nahdlatul Ulama itu.

Sebagaimana diketahui, Perpres Nomor 82/2021 tentang Pendanaan Penyelenggaraan Pesantren diteken Presiden Jokowi pada 2 September 2021. Pada Pasal 3 dijelaskan bahwa pendanaan penyelenggaraan pesantren dikelola untuk pengembangan fungsi pesantren meliputi fungsi pendidikan, fungsi dakwah, dan fungsi pemberdayaan masyarakat.

Perihal dana abadi pesantren tertuang dalam Pasal 49 ayat 1 dan 2 UU No 18/2019 tentang Pesantren. Ketentuan tersebut mewajibkan pemerintah untuk penyediaan anggaran pesantren serta pembentukan dana abadi pesantren yang bersumber dari dana pendidikan. (jpg)
BAGIKAN :        

Komentar