PPDB SMA Tahap Pertama Ditutup, Pendaftaran Jalur Zonasi Dimulai 25 Juni
12 June 2021
BAGIKAN :        
Drs Guruh Maha Awan MPd Kepala SMAN 8 Tasikmalaya
RADARTASIK.COM, TASIK - Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) SMA secara online tahap pertama telah ditutup pada Jumat (11/6/2021) pukul 20.00. Itu untuk jalur afirmasi, perpindahan orang tua dan prestasi (nilai rapor/kejuaraan).

Berikutnya, peserta dapat melihat hasil seleksi PPDB online tahap pertama melalui situs https://ppdb.disdik.jabarprov.go.id. Untuk jadwal pengumumannya pada 21 Juni.

“Nanti malam (Jumat, 11/6/2021) sudah ditutup tahap pertama untuk SMA. Peserta bisa mengecek lebih lanjut di situs PPDB Disdik Jabar,” kata Kepala Kantor Cabang Dinas (KCD) Pendidikan Wilayah XII Tasikmalaya Dr Abur Mustikawanto MEd, Jumat (11/6/2021).

Dalam peminatan PPDB online tahap pertama, siswa lulusan SMP/sederajat lumayan antusias melanjutkan ke tingkat SMA. Itu diambil dari data lingkungan KCD Pendidikan Wilayah XII Tasikmalaya, seperti; SMA swasta di Kota Tasikmalaya ada 17 sekolah dan SMA negeri ada 10 sekolah. Adapun SMA negeri di Kabupaten Tasikmalaya ada 18 sekolah dan SMA swasta ada 52 sekolah.



“Animo tahap pertama yang terakomodir 30 persen. Belum 100 persen karena masih ada tahap kedua jalur zonasi,” ujarnya.

Makanya, bagi peserta yang belum berkesempatan mendaftarkan diri masih ada tahap kedua pada 25 Juni-1 Juli 2021. Tentunya untuk jalur zonasi atau zona tempat tinggal terdekat dari sekolah.

Kepala SMAN 8 Tasikmalaya Drs Guruh Maha Awan MPd menjelaskan, peminat tahap pertama PPDB online 2021 yang ingin melanjutkan ke SMAN 8 cukup banyak mencapai 111 pendaftar.

“Dari jalur prestasi kejuaraan ada 7 pendaftar, prestasi rapor ada 68 pendaftar dan jalur afirmasi ada 36 pendaftar,” katanya.

Khusus kuota jalur prestasi pihaknya akan mengambil 99 orang, kini sudah terisi 75 orang atau lebih dari 50 persen. “Berarti minatnya tahun ini lebih bagus dari pada tahun lalu,” ujarnya.

Ia pun mengingatkan bagi calon yang gagal seleksi PPDB tahap pertama dapat mendaftar ulang pada seleksi tahap kedua melalui jalur zonasi.

“Silahkan siswa yang ingin me­lanjutkan ke jenjang SMA, asal dari Tamansari dan se­ki­tarnya bisa langsung ke SMAN 8 Tasikmalaya. Peluang dite­rimanya besar,” katanya. (riz)
BAGIKAN :        

Komentar