Penyederhanaan Kurikulum Masuk Tahap Uji Coba
30 November 2021
BAGIKAN :        

Seorang guru diberi bunga oleh siswanya saat acara peringatan Hari Guru di SDN 3 Gununglipung. Sementara itu, Kemendikbudristek tengah melakukan uji coba terhadap penyederhanaan Kurikulum 2013. istimewa
radartasik.com, JAKARTA - Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) tengah melakukan uji coba terhadap penyederhanaan kurikulum 2013 di sejumlah sekolah penggerak. Rencananya, hasil penyederhanaan kurikulum 2013 tersebut akan diterapkan mulai 2022.

Mendkbudristek Nadiem Makariem mengatakan, bahwa kurikulum itu bukan bukanlah kurikulum baru, namun sekadar penyempurnaan dan penyederhanaan dari kurikulum yang ada saat ini, yakni kurikulum 2013.

”Kurikulum yang kita tawarkan tahun depan adalah kurikulum yang memberikan kemerdekaan kembali pada guru-guru,” kata Nadiem, Jumat (26/11/2021).

Nadiem mengungkapkan, bahwa saat ini kurikulum tersebut tengah diuji coba. Uji coba tersebut dilakukan di sekolah penggerak terlebih dahulu. ”Sekarang lagi dites di sekolah-sekolah penggerak. Jadi banyak hal pasti menarik tahun depan,” ujarnya.

Nadiem memastikan, bahwa kurikulum ini akan lebih mudah dimengerti oleh guru. Kemudian guru bisa lebih fleksibel dalam memberikan materi pembelajaran.

”Guru boleh mengadaptasi sesuai kebutuhan dan ke­mam­puan murid-murid­nya, dan memberi kesempatan guru ber­kreasi dan berinovasi,” pungkasnya. (der/fin)

Page :

TAGS
BAGIKAN :        

Komentar