Olimpiade Tokyo: Mesir Tak Gentar, Sejarah Berpihak ke Spanyol
22 July 2021
BAGIKAN :        
Dani Ceballos, kapten Tim Nasional Spanyol untuk Olimpiade Tokyo 2020. (Twitter/DaniCeballos46)
Radartasik.com, SAPPORO – Timnas Spanyol akan ditantang Timnas Mesir pada laga pembuka Grup C Olimpiade 2020 Tokyo sore ini. Tim Matador diunggulkan namun tetap menghormati Sang Firaun, julukan Mesir.

Respek itu dilontarkan langsung Pelatih Spanyol U-23, Luis de la Fuente. Ia mengakui pertandingan kontra Mesir di Sapporo Dome Stadium akan menjadi ujian sulit mengingat status laga ini sebagai partai pembuka Olimpiade.

Perbandingan Prestasi Olimpiade

Spanyol
Olimpiade 1992: medali emas
Olimpiade 1996: delapan besar
Olimpiade 2000: medali perak
Olimpiade 2012: fase grup



Mesir
Olimpiade 1992: fase grup
Olimpiade 2012: delapan besar

”Mesir adalah juara Afrika. Pertandingan akan sulit tetapi kami bertujuan untuk memenangkan pertandingan ini,” kata La Fuente.

”Pertandingan tidak mudah tetapi kami akan mencoba mengendalikan pertandingan dan melakukan yang terbaik,” tegas dia dalam konferensi pers dikutip dari King Fut.

Jadwal Sepak Bola Putra Olimpiade Tokyo 2020

Grup A
- 15.00 WIB: Meksiko vs Perancis (Live TVRI)
- 18.00 WIB: Jepang vs Afrika Selatan

Grup B
- 15.00 WIB: Selandia Baru vs Korea Selatan 
- 18.00 WIB: Honduras vs Rumania

Grup C
- 14.30 WIB: Mesir vs Spanyol
- 17.30 WIB: Argentina vs Australia

Grup D
- 15.30 WIB: Pantai Gading vs Arab Saudi
- 18.30 WIB: Brasil vs Jerman (Live TVRI)

Terlepas dari respek mereka, La Roja Muda jelas akan menjadi favorit di pertandingan ini. Dengan kekuatan yang mereka miliki, Spanyol bahkan menjadi salah satu kandidat kuat meraih medali emas seperti yang mereka lakukan ketika menjadi tuan rumah Olimpiade 1992.

Daftar skuad Spanyol memang cukup menakutkan. Dari 22 pemain yang mereka boyong ke Tokyo, enam di antara adalah anggota skuad Piala Eropa 2020. 

Keenam pemain tersebut, yakni Pedri, Dani Olmo, Unai Simon, Eric Garcia, Pau Torres, dan Mikel Oyarzabal.

La Fuente juga punya nama-nama bintang muda seperti Dani Ceballos, Marco Asensio, hingga Rafa Mir.

”Para pemain yang berpartisipasi di Euro 2020 adalah orang-orang dengan kualitas luar biasa, mereka beradaptasi dengan cepat dengan tim,” ujar sang pelatih.

La Fuente pun percaya anak asuhnya siap memulai kiprah mereka di Olimpiade sore ini.

”Saya percaya para pemain saya telah berkembang pesat, mereka telah beradaptasi dengan gaya bermain satu sama lain, kami sangat bersemangat untuk pertandingan Olimpiade,” tuturnya.

”Kami bangga berada di sini mewakili negara kami, ini adalah peristiwa yang sangat istimewa. Kami akan mencoba memenuhi harapan para penggemar dan melakukan segalanya dengan benar,” lanjut mantan bek kiri berusia 61 tahun tersebut.

Kapten Spanyol U-23 Dani Ceballos menambahkan, pertandingan pertama kontra Mesir ini akan menentukan perjalanan mereka di turnamen ini.

Jika bisa menang atas Singa Afrika, Spanyol akan lebih rileks saat berhadapan dengan Argentina dan Australia.

Dia menyebut ini adalah kesempatan yang sangat istimewa. Butuh banyak upaya untuk berada di sini. Dan, ini adalah kesempatan bagi dirinya untuk membuat pencapaian bersejarah.

”Kami adalah kandidat untuk meraih emas, kami memiliki skuat yang kuat dan kami akan menunjukkan itu di pertandingan pembuka melawan Mesir,” tegas Ceballos.

Gelandang Real Madrid itu menyebut ia dan rekan setimnya sangat antusias menyambut laga ini. Ini bukan pertama kali dirinya bekerja dengan La Fuente. 

”Ia membantu saya tumbuh sebagai pemain dan saya ingin menunjukkannya di lapangan. Saya belum lahir ketika Spanyol mendapat medali emas pada tahun 1992, kami berharap untuk mengulangi prestasi itu,” ujar dia lagi.

* * *

Mendapat respek Spanyol, Mesir yang berstatus juara AFCON U-23 2019 tak ingin besar kepala. Pelatih Mesir Shawky Gharib mengatakan Spanyol adalah raksasa Eropa. Skuat yang mereka sertakan ke Tokyo sangat luar biasa.

Dia mengaku sudah mempersiapkan diri dengan baik untuk pertandingan mendatang ini. Ia sudah mempelajari Timnas Spanyol. 

”Kami menghormati mereka, mereka adalah juara Eropa, dan mereka memiliki enam pemain yang bermain di Euro 2020,” jelas Shawky Gharib di King Fut.

Kendati begitu, ia mendeklarasikan pasukannya sama sekali tidak gentar menghadapi Spanyol. Menurut Gharib, mereka memiliki tiga pemain senior, yaitu kiper Al Ahly, Mohamed El Shennawy, bek Zamalek, Mahmoud Hamdy ”El Wensh”, dan palang pintu Al-Ittihad, Ahmed Hegazy yang siap memimpin tim mudanya bertarung di lapangan.

”Kami juga mendapat dukungan dari tiga pemain di atas usia U-23 yang bergabung dengan kami. Kami akan bermain untuk menang dan menghibur para penggemar, dan pertandingan tidak akan mudah bagi kedua belah pihak,” pungkas Gharib yang juga sempat memanggil Mohamed Salah namun tidak mendapat izin dari Liverpool.

Hegazy yang didaulat sebagai kapten tim mengamini pernyataan pelatihnya. Berbicara menjelang pertandingan, dia menegaskan, merupakan kehormatan yang tak tertandingi bagi setiap pemain untuk mewakili negaranya di Olimpiade dan mereka siap menantang Spanyol.

”Spanyol sangat kuat, mereka memiliki pemain luar biasa, beberapa di antaranya bermain di Euro 2020, tetapi kami juga memiliki tim yang kuat, tim kami dibangun selama empat tahun terakhir,” ujarnya.

”Kami memiliki pemain yang sangat bagus, kami mempersiapkan diri dengan baik untuk Olimpiade, dan kami siap untuk pertandingan Spanyol,” tutur dia.

Skor imbang mungkin paling realistis bagi Mesir yang di Olimpiade 2012 sukses melenggang ke delapan besar. Akan tetapi, Hegazy berharap mereka bisa mendapatkan hasil lebih baik.

”Para pemain akan melakukan yang terbaik untuk menyenangkan para penggemar di Mesir, kami akan mengincar hasil yang positif,” kata Hegazy.

Mesir tidak melakukan uji coba khusus menyambut pertandingan ini. Sebaliknya, Spanyol memasuki turnamen ini dengan hasil imbang 1-1 kontra Jepang akhir pekan lalu.

Sebelumnya, kedua negara bertemu di Olimpiade 1992 yang dimenangkan Spanyol dengan skor 2-0. (amr/ham)

Prakiraan Pemain

Mesir (4-4-2): Mohamed El-Shennawy; Ahmed Ramadan, Ahmed Hegazy, Mahmoud Hamdi “Al Wensh”, Ahmed Aboul Fotouh; Akram Tawfiq, Ammar Hamdi, Nasser Maher, Imam Ashour; Ramadan Sobhi, Taher Mohamed Taher
Pelatih: Shawky Gharib

Spanyol (4-3-3): Unai Simon; Oscar Gil, Eric Garcia, Pau Torres, Miranda; Dani Ceballos, Pedri, Mikel Merino; Dani Olmo, Rafa Mir, Marco Asensio
Pelatih: Luis de la Fuente

Head to head
28/07/1992 Spanyol 2-0 Mesir

Lima pertandingan terakhir Mesir U23
14/06/21 Mesir U23 3 – 0 Afrika Selatan U23
18/11/20 Mesir U23 2 – 1 Brasil U23
13/11/20 Mesir U23 0 – 0 Korea Utara U23
23/11/19 Mesir U23 2 – 1 Pantai Gading U23
20/11/19 Mesir U23 3 – 0 Afrika Selatan U23

Lima pertandingan terakhir Spanyol U23
17/07/21 Jepang U23 1 – 1 Spanyol U23
02/08/12 Spanyol U23 0 – 0 Maroko U23
30/07/12 Spanyol U23 0 – 1 Honduras U23
26/07/12 Spanyol U23 0 – 1 Jepang U23
30/09/00 Kameron U23 2 – 2 Spanyol U23

BAGIKAN :        

Komentar