MTsN 10 Raih Adiwiyata Jabar
26 November 2021
BAGIKAN :        
H Ade Yuyu Sopiudin Kepala MTsN 10 Kabupaten Tasikmalaya
radartasik.com, TASIK - Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) 10 Kabupaten Tasikmalaya mendapatkan Piagam Penghargaan Adiwiyata tingkat Provinsi Jawa Barat. Piagam Penghargaan Adiwiyata tingkat Provinsi Jawa Barat itu diserahkan oleh Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil pada acara Peringatan Hari Cinta Puspa Satwa Nasional serta Penyerahan Penghargaan Gubernur Bidang Lingkungan Hidup (RAKSA PRASAD) Tingkat Provinsi Jawa Barat Tahun 2021 di Gedung Sate, Kota Bandung, Selasa (23/11/2021).

Kepala MTsN 10 Kabupaten Tasikmalaya, H Ade Yuyu Sopiudin mengaku bersyukur dengan penghargaan yang diraih oleh MTsN 10 Kabupaten Tasikmalaya.

Di Kabupaten Tasikmalaya, kata Ade, ada empat sekolah yang mendapatkan penghargaan Adiwiyata tingkat Provinsi Jawa Barat yakni, Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) 1 Tasikmalaya, SMPN 1 Mangunreja dan SMPN 1 Cigalontang. ”Alhamdulillah MTsN 10 juga mendapatkan penghargaan Adiwiyata ini,” kata Ade Yuyu, Rabu (24/11/2021).

Ade menjelaskan, untuk mendapatkan penghargaan Adiwiyata tingkat Provinsi Jawa Barat, sebelumnya, pihaknya sudah mendapatkan penghargaan Adiwiyata dari tingkat Kabupaten Tasikmalaya.

Penyerahan penghargaan Adiwiyata tingkat Kabupaten Tasikmalaya diberikan Bupati Tasikmalaya H Ade Sugianto pada 2020.

“Alhamdulillah dengan segala usaha dan upaya kami selama ini, termasuk dengan dukungan seluruh pihak dapat lagi penghargaan di tahun ini 2021 untuk tingkat Provinsi Jawa Barat,” ujar dia, bangga.

Dengan penghargaan Adiwiyata tingkat Provinsi Jawa Barat, Ade, menargetkan bisa mendapatkan Adiwiyata tingkat nasional dan Adiwiyata Mandiri. “Tentunya untuk mendapatkan itu akan memakan waktu sangat panjang,” ujarnya.

“Untuk semua itu harus satu visi, satu keinginan yang sama, untuk membuat karakter warga sekolah untuk membuat madrasah hijau, sekolah sehat dan ramah anak sehingga tercapai tujuan itu,” kata Ade Yuyu.

Tentunya, kata dia, untuk pencapaian semua itu banyak pembina yang terlibat, seperti dari Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Tasikmalaya, Himpunan Penggiat Adiwiyata, Dinas Pendidikan Kabupaten Tasikmalaya dan Kementerian Agama Kabupaten Tasikmalaya. “Itu terus mem-pressure kita agar bisa mengangkat nama baik Kabupaten Tasikmalaya melalui penghargaan ini,” ujarnya.

Menurut dia, penghargaan Adiwiyata tingkat Jawa Barat merupakan proses awal untuk melaju ke tingkat nasional. Tentunya, MTsN 10 Kabupaten Tasikmalaya akan terus meningkatkan kualitas Adiwiyata di sekolahnya.

“Karena tujuan utama Adiwiyata ini membentuk karakter untuk membentuk watak siswa yang menerapkan kebersihan, ketertiban, kebersamaan, kesehatan, keamanan dan kenyamanan dan lainnya hingga 11 K terbentuk untuk selanjutnya bisa berkesinambungan. Sehingga tidak boleh berhenti di tingkat provinsi saja harus sampai Adiwiyata,” ujarnya.

Atas raihan penghargaan Adiwiyata tingkat Jawa Barat itu, pihaknya mengucapkan banyak terima kasih, karena tanpa dukungan semua pihak tidak akan tercapai penghargaan itu.

“Tentunya ini kan harus bekerja bersama dan bersama-sama bekerja. Satu hal saja tidak berjalan, maka tidak akan tercapai Adiwiyata ini,” ujarnya. “Saya harap ke depan juga terus adanya dukungan dari semua pihak ini,” kata Ade Yuyu berharap. (ujg)

BAGIKAN :        

Komentar