Mahasiswa S2 Unsil Bantu Bangkitkan Dunia Usaha Saat Pandemi
07 April 2021
Mahasiswa Magister Manajemen Universitas Siliwangi (Unsil) angkatan 2020 menggelar webinar di Gedung Pascasarjana Universitas Siliwangi, Selasa (6/4/2021). Tujuannya memberi wawasan kepada peserta untuk membangkitkan usaha di masa pandemi. Ujang Nand
TASIK - Mahasiswa Magister Manajemen Universitas Siliwangi (Unsil) angkatan 2020 melaksanakan webinar Branding Society dan Masyarakat Milenial di Gedung Pascasarjana Universitas Siliwangi, Selasa (6/4/2021).

Webinar menghadirkan narasumber Gubernur Jawa Tengah H Ganjar Pranowo SH MIP, Dr Tezza Adriansyah A SIP MM CH CHt seorang akadmeisi dari Universitas Padjajaran, entrepreneur, dan consulting trainer di beberapa perusahaan. Ada juga Dodi Hidayatullah seorang influencer, youtuber, entrepreneur dan personel Adam Music.

Ketua pelaksana webinar Muchammad Suryahadi mengatakan, webinar ini merupakan inisiatif mahasiswa Magister Manajemen Unsil angkatan 2020 untuk berkontribusi dalam pengembangan dan aplikasi ilmu Manajemen Pemasaran.

“Terapan terkini yang berkaitan dengan personal branding maupun branding produk dalam bentuk apapun, yang nantinya akan bermanfaat dalam peningkatan daya beli masyarakat luas,” katanya kepada Radar, Selasa (6/4/2021).

Baca juga : Himpaudi Kota Tasik Asah Keterampilan Guru Bikin APE



Menurut dia, ketika mereka bisa mempromosikan aneka olahan produknya semenarik mungkin, bisa lebih mudah diingat orang. “Intinya agar kita tetap bisa produktif di masa pandemi ini. Termasuk tidak terbawa arus kesedihan,” kata dia, menuturkan.

Saat ini, kata dia, masyarakat harus bisa bangkit dari masa pandemi ini dengan berbagai usaha, misalnya pelaku usaha bisa mem-branding produknya. “Brand sebuah produk itu harus bisa diingat oleh masyarakat, salah satu contohnya yakni ingat sabun cuci yakni Rinso, seperti itu saat ini yang harus dilakukan pelaku usaha,” katanya.

Kegiatan tersebut, selain memberikan wawasan kepada peserta juga memberikan semangat untuk bangkit di masa pandemi. “Kegiatan ini diikuti oleh internal kami, seluruh mahasiswa S1 Unsil, Ikatan Sarjana Ekonomi Indonesia, Masyarakat Ekonomi Syariah termasuk praktisi di Priangan Timur,” kata dia.

Lanjutnya, kegiatan digelar melalui webinar Zoom untuk menyesuaikan kondisi di masa pandemi dan era digitalisasi yang saat ini tidak bisa dipungkiri. “Termasuk kita harus sudah bisa adaptasi dengan kondisi saat ini,” kata dia.

Ketua Prodi Magister Manajamen Dr Yusuf Abdullah SE MM mengatakan, di program Pascasarjana ini ada tiga konsentrasi yakni Marketing, Manajeman SDM dan Keuangan.

“Kita bikin club namanya Marketing Club. Termasuk salah satu mata kuliah yakni penelitian terkait dengan marketing dan branding society kondisi pandemi saat ini yang dituangkan dalam bentuk webinar,” kata dia.

Menurut dia dalam webinar kali ini diisi milenial, akademisi, termasuk politisi. Ini kombinasi yang bagus. “Tentunya akan menjadikan pemahaman baru untuk mahasiswa Magister Manajemen dalam membangun sebuah brand,” kata dia.

Termasuk, nantinya akan menjadi bahan dalam pengabdian kepada masyarakat melalui tema itu, dengan harapan bisa memberikan pencerahan kepada masyarakat nantinya.

“Karena memang selama ini kelemahan kita pada brand,” katanya. Kelemahan itu diharapkan bisa dipecahkan “Semoga bisa mengoptimalkan kembali ekonomi di masa pandemi ini,” katanya. (ujg)

Komentar