Lulusan Unper Cerdas dan Berkarakter
18 October 2021
BAGIKAN :        
Rektor Unper Tasikmalaya Prof Dr H Yus Darusman MSi (ketiga, kanan) bersama Ketua Pembina Yayasan Universitas Siliwangi Letjen TNI (Purn) H Endang Suwarya dan lainnya khidmat saat prosesi wisuda ke-3 Unper Tasikmalaya di Gedung Mashudi, Sabtu (16102021).
radartasik.com, TASIK - Universitas Perjuangan (Unper) Tasikmalaya menggelar prosesi wisuda ke-3 dan milangkala ke-7 tahun, Sabtu (16/10/2021).

Rektor Unper Tasikmalaya Prof Dr H Yus Darusman MSi mengatakan, dalam rangka wisuda ke-3, Unper melantik 505 wisudawan dengan lama studi rata-rata empat tahun.

Lulusan terbaik tingkat universitas dinobatkan pada Cici Nurul Azizah dengan IPK 3,98, lulus tercepat Reni Nuraeni dengan 3 tahun 9 bulan, dan termuda di usia 21 tahun yaitu Mariska Berlianti Juanda.

”Wisuda ini menjadi awal meraih kesuksesan bukan akhir dari perjuangan. Untuk itu, wisudawan harus terus belajar mengembangkan diri, berpegang teguh pada kebenaran, kejujuran dan agama,” katanya kepada wartawan, Sabtu (16/10/2021).

Dengan begitu, ia berharap lulusan menjadi sarjana yang profesional sesuai tugas masing-masing. ”Selain dibekali ijazah dan transkrip nilai, lulusan mendapatkan surat keterangan pendamping ijazah sebagai kepemilikan kompetensi tambahan. Kompetensi yang wajib dimiliki para lulusan Unper yakni pendidikan bela negara dan mempunyai TOEFL minimal 375,” ujarnya.

Dengan begitu, diharapkan lulusan bisa bekerja layak dengan bekal keterampilan hidup dan ilmu pengetahuan. Lulusan juga disiapkan untuk berwirausaha. ”Perguruan tinggi tidak boleh menghasilkan pengangguran,” katanya.

Di acara yang sama, Unper Tasikmalaya juga merayakan milangkala ke-7 tahun. Untuk itu, Unper menyelenggarakan kegiatan bakti sosial, pagelaran kesenian Sunda dan lomba-lomba non akademik yang diketuai oleh Dr Ir H D Yadi Heryadi MSc.

”Kegiatan-kegiatan milangkala ke-7 sebagai bentuk rasa syukur. Bakti sosial untuk donasi tempat ibadah di sekitar Unper, ada juga pagelaran kesenian Sunda,” ujarnya.

Lanjutnya, di usia tujuh tahun ini Unper harus melebihi standar mutu pendidikan, karena kalau hanya mencapai standar nasional hasilnya minimum. “Walaupun tidak mudah, Insya Allah kita akan mengajukan reakreditasi setelah mendapatkan data lulusan, pelacakan alumni,” katanya.

Ia pun mengumumkan capaian dalam satu tahun terakhir di milangkala ke-7. Unper berhasil melaksanakan wisuda ke-3 dengan jumlah 505 wisudawan, 30 dosen calon doktor atau sedang mengikuti studi lanjut S3, peningkatan mahasiswa baru rata-rata 50 persen, dan lainnya.

Ketua Pembina Yayasan Universitas Siliwangi Letjen TNI (Purn) H Endang Suwarya menyampaikan, lulusan Unper bagian dari penduduk usia produktif. ”Unper menghasilkan sumber daya manusia pencetak bonus demografi yang berkualitas,” ujarnya.

Maka dari itu, ia pun berpesan agar para sarjana memiliki harapan menuju bonus demografi 2045 untuk terus meningkatkan ilmu dan wawasan lingkungan.

Perwakilan Wisudawan Unper Cici Nurul Azizah mengucapkan terima kasih kepada civitas akademika Unper yang telah menjadi tempat belajar, berdiskusi, membangun akhlak serta melakukan penelitian ilmiah. Harapannya menjadi bekal untuk mampu mengarungi kehidupan dan berpartisipasi dalam kemaslahatan masyarakat luas. (riz)
BAGIKAN :        

Komentar