Jurnalis Tasikmalaya Berbagi di Momen Hardiknas
03 May 2021
SUKARAJA - Dalam rangka memperingati Hari Pendidikan Nasional yang jatuh setiap tanggal 2 Mei, Perkumpulan Jurnalis Tasikmalaya dan Badut Pustaka menggelar kegiatan literasi di Kampung Cimanggu, Desa Leuwibudah, Kecamatan Sukaraja, Sabtu (2/5/2021).

Ratusan anak SD mengikuti kegiatan membaca buku sambil menunggu waktu berbuka puasa atau ngabuburit. Berbagai buku pelajaran, sejarah Islam hingga cerita mendidik dibagikan untuk dibaca para siswa. Mereka diberi waktu lima belas menit untuk membaca buku dengan dipandu para badut lucu.

Salah satu siswa SD Asal Desa Leuwibudah Kecamatan Sukaraja Aulia (11) menuturkan, sangat senang bisa membaca buku sambil dihibur oleh para badut.

“Iya senang saya baca buku, apalagi ada badut baik dan lucu. Belajar sambil bermain. Jadi banyak wawasan membaca buku sebagai jendela ilmu,” tutur Aulia kepada Radar, kemarin.

Salah satu badut Gallery Tasikmalaya, Andika Purnama mengatakan, sambil belajar anak-anak dihibur supaya senang dan terhibur dalam menunggu waktu buka puasa. Sambil mengingatkan akan pentingnya budaya membaca untuk membuka wawasan.

“Makanya kami hadir untuk ingatkan pentingnya budaya membaca agar kurangi konsumsi gadget pada anak. Bakti sosial dan badut literasi ini agar anak-anak lebih mencintai minat membaca,” katanya.

Ketua Perkumpulan Jurnalis Tasikmalaya Hendra Herdiana mengatakan, selain para siswa juga mendapat pertunjukkan badut sulap yang menyenangkan, juga diajak untuk membaca dan membiasakan diri dengan literasi.

“Kegiatan ini sebagai bentuk kepedulian jelang lebaran, kami juga bagikan 250 paket sembako untuk warga tidak mampu. Paket ini merupakan bantuan para donatur yang secara berkala dibagikan setiap jumat atau akhir pekan,” paparnya. (dik)


Komentar