Golden Time Period Penanganan Stroke
12 October 2021
BAGIKAN :        
Ilustrasi stroke. (FIN)
Radartasik.com, KABAR melegakan bagi penderita stroke. Penyakit tersebut dapat disembuhkan. Peluang kesembuhan terbesar bisa diperoleh ketika pasien berhasil ditangani dalam waktu golden time period.

Dokter spesialis saraf Rumah Sakit Akademik (RSA) UGM dr Fajar Maskuri mengatakan pemulihan penyakit stroke disebabkan beberapa faktor. Faktor pertama adalah pada derajat ringan, sedang, dan berat dari penyakit stroke itu sendiri. Jika stroke tersebut ringan maka pemulihannya lebih cepat dibanding yang berat.

Faktor kedua adalah perihal seberapa cepat pasien stroke tersebut mendapatkan penanganan. Jika pasien stroke tersebut dapat ditangani dalam golden time period maka kemungkinan pemulihan akan lebih besar dan pemulihan akan lebih baik atau tanpa cacat.

”Pasien itu kalau dia stroke ditangani diawal atau segera, kita mengenal istilahnya dengan itu golden time period. Golden time period itu adalah waktu yang paling bagus untuk menangani penyakit stroke,” kata dia.

”Kalau kita bisa mencapai waktu ini maka hasilnya itu lebih bagus, dibandingkan ketika ditangani (atau dibawa ke dokter) setelah sehari, dua hari, atau bahkan setelah seminggu baru dibawa kerumah sakit, wah itu sudah terlambat,” jelasnya.




Fajar menjelaskan golden time period terjadi selama 3,5 jam setelah pasien mengalami gejala stroke. ”Jika bapak ibu menemukan keluarga atau tetangga curiga mengalami stroke maka bawa segera ke rumah sakit,” ujar dia.

Dokter Fajar menyampaikan semua ini ketika menjadi pembicara dalam talkshow berjudul Golden Periode Penanganan Darurat Stroke - Tik Talk Eps. 11 yang dipublikasi melalui kanal Youtube Rumah Sakit Akademik UGM pada Senin (11/10/2021). (ugm/lan)

BAGIKAN :        

Komentar