Dampak Gempa Pandeglang, Rumah Rusak, 11 Ribu Sambungan PLN sempat Terganggu
14 January 2022
BAGIKAN :        

Rumah warga di Pandeglang tampak rusak akibat gempa bumi magnitudo 6,7 pada Jumat (14/1) sore WIB (Istimewa)
Radartasik.com – Gempa dengan magnitudo 6,7 mengguncang wilayah Kabupaten Pandeglang, Banten, mengakibatkan beberapa rumah warga di Kecamatan Sumur dan Kecamatan Munjul, Kabupaten Pandeglang, mengalami kerusakan. Demikian juga lebih dari 11 ribu pelanggan PLN terdampak gempa.

Plt Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB, Abdul Muhari menyampaikan, berdasarkan laporan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Pandeglang, gempa bumi itu dirasakan kuat selama 4-5 detik di Kecamatan Sumur dan Kecamatan Mandalawangi, Kabupaten Pandeglang, Banten. Warga sempat berhamburan keluar rumah saat merasakan kuatnya guncangan.

“Sementara itu, laporan visual yang dihimpun dari lapangan, beberapa rumah warga di Kecamatan Sumur dan Kecamatan Munjul, Kabupaten Pandeglang, mengalami kerusakan di bagian atap dan teras rumah,” kata Muhari dalam keterangannya, Jumat (14/1).

Sementara itu PT PLN juga telah memulihkan sistem kelistrikan imbas gempa magnitudo 6,7 yang melanda Banten. “Hingga pukul 18.00, PLN berhasil memulihkan listrik 11.196 pelanggan dari 21.490 pelanggan yang terdampak,” kata Manager PLN UP3 Banten Selatan Irwanto dalam keterangannya, Jumat (14/1).

Saat ini tercatat jumlah pelanggan di seluruh wilayah Banten sebesar 3,6 juta. PLN memastikan sistem kelistrikan di wilayah lain masih terpantau aman.

Imbas gempa yang belangsung selama 30 detik tersebut berdampak pada 3 penyulang kelistrikan. Dua wilayah kerja yang dekat dengan pusat gempa yaitu Unit Layanan Pelanggan (ULP) Labuan dan ULP Malingping.

Irwanto mengimbau masyarakat untuk tetap tenang dan tidak panik. “Kami juga mengimbau kepada seluruh pelanggan untuk melapor melalui aplikasi PLN Mobile atau menghubungi Contact Center PLN 123 apabila terdapat gangguan kelistrikan yang dialami di sekitarnya,” pungkas Irwanto.

Sebagai informasi, dari BMKG menunjukan Pusat Gempa berada di Kabupaten Pandeglang, wilayah Banten dengan kekuatan magnitudo 6,7. Gempa yang berlangsung selama 30 detik tidak berpotensi tsunami. (jpg/try)

Page :

TAGS
BAGIKAN :        

Komentar