Cuaca Buruk Ancam Wilayah Ciamis
14 January 2022
BAGIKAN :        

Kepala Pelaksana BPBD Ciamis  Dadang Darmawan ikut evakuasi pohon tumbang di Jalan Imbanagara Ciamis, kemarin. ISTIMEWA
radartasik.com, CIAMIS – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Ciamis mengimbau masyarakat untuk selalu meningkatkan kewaspadaan, pasalnya BMKG sudah memperingati terkait cuaca buruk di wilayah Jawa Barat.

Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik BPBD Ciamis Memet Hikmat mengatakan, pihaknya sudah menerima pemberitahuan dari BMKG terkait cuaca buruk yang bisa kapan saja terjadi dan perlu diwaspadai.

“Makanya kami selalu intensif meningkatkan kewaspadaan. Karena Ciamis ini sebagai wilayah yang rawan berbagai bencana. Baik pergerakan tanah, angin kencang, angin puting beliung, longsoran tanah dan banjir. Makanya BPBD saat ini terus siaga kalau faktor hujan terus menerus terjadi di Ciamis,” ucapnya.

Kata dia, belakangan ini cuaca di wilayah Ciamis cukup ekstrem yang dampaknya bencana mulai terjadi, salah satunya pohon tumbang.

“Kami mengimbau kepada masyarakat yang rumahnya berada dekat tebing untuk selalu waspada, karena ketika curah hujan tinggi seperti ini menjadi rawan longsor,” kata dia, menjelaskan.

Ketua Taruna Siaga Bencana (Tagana) Kabupaten Ciamis Ade Waluya mengatakan, ketika cuaca ekstrem atau curah hujan tinggi bencana selalu terjadi di Ciamis, mulai dari banjir, longsor dan pohon tumbang.

“Yang terbaru di Kecamatan Panawangan ada empat titik dan Kecamatan Panjalu. Semua kejadiannya tentang bencana longsor yang didominasi rumahnya dekat tebing yang tidak ada Tembok Penahan Tebing (TPT). Beruntung dalam kejadian itu tidak ada korban jiwa, hanya kerugian meteri saja, makanya kami imbau masyarakat untuk meningkatkan kewaspadaan,” pungkasnya. (isr)

Page :

TAGS
BAGIKAN :        

Komentar