Covid-19 Disebut Bakal Jadi Endemi seperti DBD, Apa yang Harus Dilakukan Pemerintah dan Masyarakat?
13 September 2021
BAGIKAN :        
Warga mengikuti kegiatan vaksinasi untuk pencegahan Covid-19. Foto : Dedi Heriyadi/Radarcirebon.com
Radartasik.com, JAKARTA – Para ilmuwan memprediksi bawa pada tahun depan Covid-19 yang saat ini masih menjadi pandemi bakal berubah menjadi endemi. Lantas apakah endemi itu? 

dr Novrina W Resti seperti dilansir laman Kemendikbud menjelaskan, endemi adalah penyakit yang berjangkit di suatu daerah atau pada suatu golongan masyarakat. Endemi merupakan keadaan atau kemunculan suatu penyakit yang konstan atau penyakit tersebut biasa ada di dalam suatu populasi atau area geografis tertentu.

Contoh penyakit yang termasuk endemi di Indonesia adalah malaria dan demam berdarah dengue (DBD).



Jika Covid-19 berubah dari pandemi ke endemi, lantas apa saja yang harus dilakukan pemerintah dan masyarakat?

Ketua Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Letjen TNI Ganip Warsito mengatakan, ada lima hal yang perlu disiapkan agar dapat melakukan transisi dari pandemi Covid-19 menuju epidemi.

Lima hal penting itu, pertama masyarakat harus tetap memakai masker saat beraktivitas dan menerapkan prokes 3M dan pembentukan posko PPKM berbasis mikro.

Kedua, upaya percepatan vaksinasi untuk mencapai herd immunity.

Ketiga, testing dan pelacakan menjadi hal tidak kalah penting. Setiap daerah nantinya harus mampu menyediakan minimal satu atau dua laboratorium PCR.

Keempat yakni tracing, tenaga swab dan tracer diperbanyak, sehingga mampu mencapai target yang telah ditentukan yakni 1:15.

Kelima adalah treatment, tiap daerah dihimbau untuk dapat menyediakan tempat isolasi terpusat yang memadai. (rc/bbs)

BAGIKAN :        

Komentar