bank bjb dan Kelompok Ternak Haji Aang Gunawan Sepakati Penggemukan Sapi
12 September 2021
BAGIKAN :        
bank bjb
radartasik.com - bank bjb bersama Kelompok Ternak Haji Aang Gunawan di Bandung menyepakati perjanjian kerja sama kemitraan Budidaya Penggemukan Sapi.

Ikatan kemitraan ini diikat melalui Penandatanganan Kerja Sama Kemitraan Pembiayaan Kredit Usaha Rakyat (KUR) kepada mitra binaan bersama Kelompok Ternak Haji Aang Gunawan di Hotel Kytos Jalan Setiabudi Bandung, Rabu (08/09/21).



Penandatanganan kerja sama dilakukan oleh Pemimpin bank bjb Kantor Cabang (KC) Sukajadi  Taupan S W dengan Haji Aang Gunawan.

Penandatanganan PKS turut dihadiri oleh Pemimpin Divisi Kredit UMKM bank bjb Denny Mulyadi, CEO Regional 1 bank bjb Andy Rachman, Kepala Biro Perekonomian Pemerintah Provinsi Jawa Barat, Drs Benny Bachtiar MSi, Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan Pemerintah Provinsi Jawa Barat Ir Jafar Ismail M M serta para peternak Mitra Binaan Haji Aang Gunawan.

Peternakan Haji Aang Gunawan merupakan peternakan tradisional yang dikelola sendiri dibantu oleh beberapa orang karyawan.

Memulai usaha dari tahun 2004 dengan mendirikan usaha perdagangan daging sapi potong di pasar Kopo Sayati, lalu pada tahun 2008 membuka usaha peternakan penggemukan sapi di daerah Nanjung Margaasih seluas lebih dari 4.000m² dengan kapasitas kendang dapat menampung sebanyak 600 ekor sapi.

Pengembangan terus dilakukan setiap tahunnya hingga saat ini kapasitas kandang dapat menampung hingga 1.000 ekor sapi yang tersebar di tiga lokasi di antaranya yaitu Kandang Nanjung yang dapat menampung hingga 600 ekor sapi, kandang Margaasih dapat menampung sampai dengan 180 ekor sapi dan kandang Pangalengan yang dapat menampung sebanyak 220 ekor sapi.

Pemimpin Divisi Kredit UMKM Denny Mulyadi mengatakan kerja sama yang dilakukan dengan Kelompok Ternak Haji Aang Gunawan ini sebagai bagian dari wujud kongkret dukungan bank bjb terhadap program petani milenial yang digagas oleh Bapak Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil.

Sosok Haji Aang Gunawan selain sebagai pengusaha juga lulusan Peternakan Unpad membuatnya memiliki pengetahuan yang mendalam terhadap usaha yang sedang dijalaninya saat ini.

“Kami berkeyakinan Haji Aang Gunawan dapat membimbing anak-anak muda milenial untuk beternak dan menjadi seorang peternak yang handal dimasa yang akan datang. Sehingga pemerintah tidak memiliki ketakutan akan hilangnya generasi muda dimasa yang akan datang yang akan fokus pada sektor pertanian ataupun peternakan,“ ungkap Pemimpin Divisi Kredit UMKM bank bjb, Denny Mulyadi.

Denny menambahkan pola kemitraan dengan Kelompok Ternak Haji Aang Gunawan adalah bentuk kontribusi bank bjb dalam menjamin kesejahteraan peternak dan memastikan keberlangsungan usaha mereka baik dari sisi budidaya, pasokan pakan ternak, obat-obatan, produksi hingga hasilnya dapat berjalan dengan baik dan lancar

Selain akses permodalan untuk peternak mitra binaan, bank bjb juga menjalankan program Pesat (Program Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat Terpadu) bagi para peternak.

Program ini memberikan pendampingan intens kepada nasabah UMKM agar berkembang.

"bank bjb juga akan memberikan program pensiun bagi peternak atau DPLK (Dana Pensiun Lembaga Keuangan). Hal ini penting untuk mulai dipahami peternak agar masa tua mereka terjamin dan sejahtera, jadi kalo mencari dimana petani atau peternak yang memiliki pensiunan carilah di jawa barat dan bank bjb" tuturnya.

Di lokasi berbeda, Pemimpin Divisi Corporate Secretary Widi Hartoto menambahkan, menjadi salah satu komitmen bank bjb dalam berkolaborasi dengan berbagai pihak untuk mendorong kemajuan UMKM diharapkan dengan suntikan permodalan dari pemanfaatan fasilitas layanan dan jasa keuangan perbankan, para mitra pelaku UMKM bisa mengembangkan usahanya menjadi lebih baik. (rls)


BAGIKAN :        

Komentar