Beranda Pangandaran Ajak Santri Kuasai Teknologi

Ajak Santri Kuasai Teknologi

Encep Najmudin Ketua GP Ansor Kabupaten Pangandaran
Encep Najmudin Ketua GP Ansor Kabupaten Pangandaran

PANGANDARAN – Hari Santri tahun ini diperingati masih dalam suasana pandemi Covid-19. Namun hal tersebut tidak mengurangi kekhidmatan. Hari Santri Hari ini (22/10) akan tetap diperingati dengan upacara bendera.

Ketua GP Ansor Kabupaten Pangandaran Encep Najmudin mengatakan, walau saat ini Hari Santri tidak akan dirayakan semeriah tahun lalu, tapi semangat perjuangan santri Pangandaran tidak boleh hilang.

“Artinya spirit perjuangan mempertahankan kemerdekaan tidak boleh hilang, harus hidup di dalam sanubari para santri,” ungkapnya kepada Radar, Rabu (21/10).

Kata dia, di Hari Santri yang jatuh pada hari ini (22/10), harus dijadikan momentum untuk pencapaian yang lebih baik, karena ke depannya tantangan bagi santri sudah menanti.

“Pergeseran karakteristik dunia sudah semakin nyata, para santri juga harus bisa menguasai arus perkembangan teknologi dan informasi,” katanya.

Baca juga : SKB CPNS di Pangandaran Dilaksanakan 6 Oktober

Sebagai contoh, lanjut dia, para santri harus bisa mensyiarkan dakwah melalui teknologi informasi. “Dakwah melalui media sosial, virtual dan sebagainya, ini harus dilakukan oleh para santri,” ucapnya.

Kata dia, banyak harapan untuk dunia pesantren yang kini sudah bisa berdampingan dengan kemajuan zaman. “Tentu yang diharapkan adalah dunia pendidikan pesantren semakin maju dan berkembang, tentunya dukungan pemerintah kepada pesantren juga harus terus konsisten,” katanya.

Menurutnya, perhatian pemerintah kepada dunia pesantren sudah ada. “Dari pusat ada Bantuan Operasional Pesantren (BOP), kemudian dari Pemda juga ada bantuan lainnya. Bantuan sarana prasarana juga sudah ada,” ucapnya.

Ke depannya, pesantren harus terus mengawal bantuan-bantuan yang diberikan agar tidak terputus. “Agar bantuannya lebih besar lagi, kemudian kita juga jangan lupa dengan adanya Undang-Undang Pesantren, itu sebagai upaya pemerintah untuk membantu dunia pesantren,” katanya. (den)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here