21 Pejabat Eselon II di Kota Tasik Dites Kemampuan
05 August 2021
BAGIKAN :        
ilustrasi tes
radartasik.com, BUNGURSARI – Sebanyak 21 pejabat eselon II di lingkungan Pemerintah Kota Tasikmalaya, akan mengikuti uji kompetensi (Ujikom) jabatan. Rencananya ujian itu diselenggarakan 2 hari, dimulai Kamis mendatang (5/8/2021) secara daring.

Kepala Badan Ke­pe­gawaian dan Pe­­ngembangan Sum­ber Daya Ma­nusia (BKPSD) Kota Tasikmalaya Gun­gun Pahlagunara mengatakan kegiatan tersebut, merupakan ujian rutin bagi para pejabat setaraf kepala dinas.

Dimana, kinerja mereka satu tahun satu kali sebagai bahan evaluasi bagi kepala daerah untuk menempatkan para pejabat sesuai potensi dan kemampuannya dalam memimpin suatu instansi.



“Ini memang ujian rutin setiap tahun sekali, sebagai bahan masukan bagi pimpinan untuk melihat potensi dan kemampuannya duduk di suatu jabatan,” katanya kepada Radar, Selasa (3/8/2021).

Dia menjelaskan berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, kegiatan ujikom kali ini dilaksanakan secara virtual dari kantor BKPSDM. Biasanya kegiatan dilaksanakan di hotel dengan mendatangkan sejumlah penguji untuk menakar kompetensi setiap pejabat secara langsung. “Sekarang daring, karena situasi pandemi Covid-19 belum memungkinkan untuk melaksanakan kegiatannya seperti tahun-tahun sebelumnya,” tutur Gungun.

Menurut dia, para penguji dalam kegiatan tersebut merupakan akademisi dari berbagai perguruan tinggi. Menguji skill masing-masing pejabat, untuk seterusnya dilaporkan terhadap kepala daerah serta Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN). Menjadi bahan pertimbangan dalam memutuskan rotasi-mutasi para kepala dinas.

“Nanti tergantung seperti apa hasilnya, sebagai salah satu bahan bagi pimpinan dalam menilai hasil uji kinerjanya,” kata dia.

Disinggung tidak semua pejabat ikut serta pada ujian rutin tersebut, Gungun menjawab beberapa pejabat eselon II lainnya akan memasuki masa pensiun tahun ini.

Beberapa diantaranya seperti Sekretaris DPRD Kota Tasikmalaya H Oslan Khaerul Fallah dan Kepala Bappelitbangda H Didin Saepudin Ahmad yang beberapa bulan lagi memasuki purna tugas. “Jadi hanya 21 saja dari sekian eselon II yang ada di lingkungan Pemkot, karena beberap ada yang mau pensiun,” ujarnya. (igi)

BAGIKAN :        

Komentar